All About Korean Drama : Drama terfavorit

Berhubung saya temasuk terlambat terkena demam Descendant of the Sun karena malas streaming dan baru selesai menontonnya melalui penayangan seri ini di sebuah televisi swasta, saya ingin membuat blogpost berseri tentang drama Korea alias K-drama. Kecintaan Saya pada drama Korea lagi-lagi ditularkan oleh adik saya. Sekitar tahun 2003, saya dengar dari adik kalau Ia dan seorang sepupu cowok yang aslinya "cowok banget" nonton Winter Sonata di televisi hingga bercucuran air mata! Glekh. "Pasti ada apa-apanya ini K-drama", pikir saya. Saya sebenarnya kurang suka cerita mellow, tapi akhirnya mulai menonton Autum in My Heart / Endless Love dan ternyata saya suka. K-drama yang biasanya hanya terdiri dari 16-24 episode membuat ceritanya lebih fokus dan bisa di tonton secara marathon 1-2 hari (kalau libur dan ga ada kegiatan lain). 

13 tahunan mengikuti drama Korea, saya mau membagikan 13 Best of The Best K-drama yang jadi favorite saya (Favorite buat saya artinya saya pernah menontonnya lebih dari 3x. Hoahahaha...)

My name is kim sam soon

1. My Lovely Sam Soon / My Name is Kim Sam Soon (2005)
Suka dengan tokoh utama wanitanya, Kim Sam Soon yang diperankan Kim Sun Ah. Ia diceritakan memiliki kepribadian blak-blakan dan punya keahlian sebagai pattisier handal. Meskipun cintanya dikhianati kekasihnya menjelang usia 30an, Ia tetap optimis. Cara yang diyakininya dapat mengubah peruntungan hidup ialah dengan mengganti namanya yang menurut keterangan, di Korea sana sangat kampungan, meskipun artinya baik. Hingga suatu hari Ia berkenalan dengan seorang putra pewaris hotel terkenal, Jin Hyeon (Hyun Bin) yang awalnya mau memperkerjakannya sebagai pattisier di restauran hotelnya. Jin Hyeon meminta Sam Soon sebagai kekasih pura-pura demi menyenangkan hati ibunya. Masalah semakin seru disaat kekasih masa lalu datang kembali (plus dokter yang super kece). 
Ceritanya kocak, pemeran utama prianya, Hyun Bin, ganteng banget dan memiliki pesan moral mendalam. Saya sangat merasa relateable dengan kisahnya terutama perasaan deg-degan dalam menanti jodoh, insecure dengan masalah berat badan sampai  pacaran dengan pria yang lebih muda.

sassy girl chun hyang

2. Sassy Girl Chun Hyang / Delightfull Girl Chun Hyang
Sebenarnya saya bingung menempatkan drama terfavorite saya. Chun Hyang ini sama kansnya dengan Sam Soon. Saya suka semuanya mulai dari jalan cerita yang kocak (tapi tetap ada sedihnya juga), para pemeran utama Lee Mong Ryong (Jae Hee) dan Chun Hyang (Han Chae Kyung), soundtracknya bagus-bagus dan tetap saya dengarkan hingga hari ini. Poin plus lainnya drama ini adalah versi modern dari cerita rakyat asli Korea, jadi sekaligus mengetahui kebudayaan masa lalu.

princess hour

3. Princess Hours (2006)
Bersetting aternative reality dari Korea yang masih berbentuk kerajaan dengan pangeran bernama Lee Shin (Jo Ji Hoon) dan Shin Chae Kyung (Yoo Eun Hye), gadis rakyat jelata yang menikah karena janji sang kakek, almarhum raja, untuk menjodohkan mereka. Ceritanya seru, diwarnai perebutan kekuasaan dan cinta segi empat baik antara tokoh utamanya dan orang tua mereka di masa lalu.
Saya suka sekali dengan k-drama yang diangkat dari komik Goong ini. Meski ceritanya sedikit berbeda karena pada saat di jadikan drama, komik tersebut belum selesai. Keempat pemeran utamanya Yoon Eun Hye, Jo Ji Hoon, Song Ji Hyo dan Kim Jeung Hoon, keren dan manis sekali. Kostumnya digarap serius, begitu pula dengan settingnya yang menyerupai istana Goryeo. Kocak dan sedihnya mengena , romantisnya juga terasa.

Descendants of the Sun (2016)

4. Descendants of the Sun (2016)
Apa yang harus dikatakan lagi? Hanya faktor kenangan saja yang membuat 3 besar k-drama favorit saya belum tergoyahkan. Selebihnya drama inilah yang dapat saya katakan perfect. Seimbang antara pemilihan pemain, tema yang belum pernah di buat k-drama dituangkan dalam script yang baik, setting yang indah dan soundtrack yang bagus. 
Saya sudah menjadi penggemar Song Hye Kyo sejak menonton Autum in My Heart, belasan tahun kemudian, disini Ia masih kelihatan flawless. Pasangannya, Song Joong Ki adalah salah satu aktor Korea favorit adik saya. Ia sering mengajak saya menyaksikan Running Man, reality show yang dulu diikuti Joong Ki sebagai peserta. Second lead couplenya juga menambah alur cerita pasangan militer dan doker ini semkin berwarna. Recomended.

Full House (2004)

5. Full House (2004)
K-drama yang telah saya saksikan lebih dari 10 kali. Hampir setiap penanyangan ulang di televisi masih saya ikuti. Ceritanya yang ringan dan chemistry yang baik antara Lee Young Jae (Rain) dan Han Ji Eun (Song Hye Kyo) membuat saya tak bosan-bosan menyaksikan cerita perkawinan kontrak ini. Saya juga membaca komik aslinya yang berjudul sama hingga selesai. Meski ada beberapa perbedaan, misalnya (spoiler) : di komik Rain pergi syuting naik ke pesawat (atau helikopter ya, agak lupa) lalu dikabarkan jatuh dan hilang. Disinilah Ji Eun menyadari cintanya dengan menggenggam kalung locket yang biasa di pakai Rain dan diserahkan padanya sebagai bukti cinta. Di dalamnya ternyata ada foto mereka berdua. Nah, kalau di K-drama, kalung tersebut kurang dieksplorasi latar belakang ceritanya, tahu-tahu dalam salah satu adegan di episode terakhir, terlihat Ji Eun menggenggamnya saja setelah bangun pagi dalam tenda. Ini bisa menimbulkan interpretasi macam-macam, terutama dari teman-teman sekos saya dahulu. Hoahaha.


The Greatest Love / Best Love (2012)

6. The Greatest Love / Best Love (2012)
Salah satu K-drama terlucu yang pernah saya saksikan. Tokoh utamanya Dokko Jin (Cha Seung Won) ialah artis pria paling terkenal di Korea dengan kepribadian sindrom artis, bertemu dengan Gong Ae Jung ( Gong Hyo Jin) mantan artis K-pop idol yang sekarang sudah bubar dan sedang berjuang agar kembali terkenal. Ae Jung lalu mengikuti sebauh reality show pencarian jodoh dengan MC Kang Seri (Yoo In Na), Mantan teman satu girl band yang juga mantan kekasih Dokko Jin, dan demi memperebutkan cinta seorang dokter herbal tampan dr Pil Joo (Yoon Kye Sang). Menurut saya menarik karena menceritakan dunia artis Korea dan ceritanya ditulis oleh Hong sister, penulis naskah yang juga membuat Sassy Girl Chunyang. Second leadnya juga semakin saya sukai setelah menyaksikan aktingnya disini.

Queen Of Reversals (2010-2011)


7. Queen Of Reversals (2010-2011)
Drama yang menceritakan perjalanan karir dan cinta Hwang Tae Hee( Kim Nam Joo). Salah satu K-drama yang menorehkan sejarah di Korea karena mengalami penambahan episode hingga lebih dari 10 dan penulisan ulang naskah agar sesuai permintaan fans. Hingga akhirnya second male lead get the girl instead of the first male lead. Konflik dunia kerja juga digambarkan dengan baik, lengkap dengan kekompakan rekan setim maupun persaingan untuk bertahan agar tidak dipecat. Banyak adegan lucu yang dialami dalam kehidupan sehari-hari, antara mantan besan, antara boss dengan asisten pribadi dan persaingan cinta segi empat antara Hwang Tae Hee, suaminya Bong Joon Soo (Jung Joon Ho), mantan pacar suaminya Baek Yeo Jin (Chae Jung An) dan seorang chaebol ganteng yang baik hati Goo Yong Shik (Park Si Hoo)

Vampire Prosecutor (2011) dan Vampire Prosecutor 2 (2012)

8. Vampire Prosecutor (2011) dan Vampire Prosecutor 2 (2012)
Saya masih menantikan musim ketiga dari seri yang menggabungkan unsur misteri dan aksi ini. Menceritakan tentang jaksa Min Tae Yeon ( Yun Jung Hoon) yang menyelidiki rahasia dibalik penyebab Ia digigit dan menjadi vampir. Ia berusaha minum darah donor dan memiliki kemampuan melihat beberapa detik dari masa lalu dari orang (biasanya mayat korban pembunuhan) yang darahnya ia cicipi tersebut. Saya suka legal drama, apalagi ditunjang dengan misteri dan aksi. Selain itu saya suka katakter

Reply 1997 / Answer Me 1997 (2012)

9. Reply 1997 / Answer Me 1997 (2012)
Alurnya yang maju mundur sangat membuat penasaran. Secara flashback menceritakan persahabatan 6 orang di masa SMA yang berlangsung tahun 1997. Kisah asmara yang terjalin diantara mereka tergolong unik dan luar biasa. Settingnya benar-benar mendetil, mengisahkan apa yang berlangsung di tahun tersebut hingga  terasa sekali nostalgianya terutama bagi saya yang di tahun tersebut juga mulai mengalami demam boyband. Selanjutnya saya jatuh cinta pada Seo in Gook yang memerankan Yoon Yoon Je dan Jung Eun Ji yang memerankan Sung Shi Won. Chemistry mereka berdua luar biasa dan akting yang keren dan natural meskipun masih terbilang pemain baru.

Ghost Seing Detective / Cheo Yong : the Paranormal Detective (2014) dan  Ghost Seing Detective 2 / Cheo Yong : the Paranormal Detective 2 (2015)

10Ghost Seing Detective / Cheo Yong : the Paranormal Detective (2014) dan  Ghost Seing Detective 2 / Cheo Yong : the Paranormal Detective 2 (2015)
Menarik bagi penggemar genre misteri dan supranatural, dibalut dengan bumbu komedi dan aksi polisi. Menceritakan detektif Yoon Cheo yong (Oh Ji Ho) yang memiliki kemampuan bisa melihat hantu. Terutama hantu anak SMA, Han na Young (Jun Hyo Seong) yang menetap di kantor polisi tempatnya bekerja. Bersama sama dengan seorang detektif wanita dan rekan satu tim lainnya, mereka mengungkap berbagai kasus yang tak terpecahkan selama ini.

Briliant Legacy / Shining Inhiritance (2009)

11. Briliant Legacy / Shining Inhiritance (2009)
Saya suka drama ini, terasa hangat dan menyentuh, melihat perjuangan seorang nenek dalam menentukan pewaris bisnis makanan. Diawali dari adegan tertukarnya tas Go Eun Sung ( Han Hyo Jo) dan Seon Woo Hwan (Lee Seung Gi) dalam pesawat yang membawa mereka dari Amerika kembali ke Korea. Pertengkaran pertama membuat mereka saling tidak simpatik satu sama lain. Tetapi kisah semakin seru ketika nenek Hwan tiba-tiba mewariskan kekayaan dan bisnisnya pada Eun Sung yang menyelamatkannya sewaktu hilang ingatan dan tersesat dari rumah. Diwarnai juga oleh cinta segi empat dengan adik tiri Eun Sung, Seung Mi (Moon Chae Won) yang telah lama menyukai Hwan dan anak dari pengacara keluarga Hwan serta kekejaman ibu tiri Eun Sung yang berusaha menguasai warisan ayahnya yang meninggal dalam kecelakaan.

The Woman Who Still Want To Marry / Still Marry Me (2010)

12. The Woman Who Still Want To Marry / Still Marry Me (2010)
Menceritakan tentang tiga orang sahabat wanita yang telah berusia matang dengan karir yang baik namun belum menemukan jodoh. Lee Shi Young (Park Jin Hee) adalah seorang anchor yang terbilang sukses namun pertunangannya kandas selepas Ia ditugaskan ke Amerika. Perkenalannya dengan Han Min Jae (Kim Beom) yang berusia 12 tahun lebih muda, membawa warna baru. Min Jae begitu yakin kalau mereka berjodoh dan berusaha melewati segala rintangan perbedaan usia, bahkan hingga mengecat rambutnya bewarna perak (uban) agar kelihatan lebih tua dan matang.
Drama yang menyentuh untuk wanita kalangan usia 30an. Saya merasa sangat related dengan ceritanya meskipun sewaktu menonton masih berusia pertengahan 20an. Kim Bum dan tatapan mautnya benar-benar menonjol dalam noona-romance yang sangat saya rekomendasikan ini.
You From Another Star ( 2013-2014)

13. You From Another Star ( 2013-2014)
Doo Min Joon ( Kim Soo Hyun) ialah alien yang terdampar di bumi 400 tahun lalu di Korea. Kemampuan fisik dan ketampanan yang diatas rata-rata, tidak membuatnya menonjolkan diri. Hingga suatu hari ketenangannya terusik oleh tetangganya yang cantik, seorang artis bernama Cheon Song Yi (Gianna Jun).
Menurut saya idenya terbilang fresh untuk K-drama (waktu itu) ditunjang dengan spesial efek dan akting pemeran utama yang tak diragukan lagi. Gianna Jun yang terakhir bermain drama belasan tahun lalu, bersedia menjadi pemeran utama pasti karena Ia sendiri menyukai script drama ini. Wajar saja bila menjadi drama yang paling hip hingga seantero Asia dan memperoleh berbagai penghargaan.


Dari ketigabelas K-drama yang saya sukai, saya suka pemeran utama wanita atau heroine yang tidak terlalu cengeng, punya daya juang dan semangat hidup tinggi, cerita menarik dan tidak terlalu mellow dan melulu soal cinta. Selingan humor dan aksi serta pemeran utama atau penulis skenario yang K-dramanya pernah saya sukai, menambah rasa penasaran saya untuk menyaksikan suatu K-drama dan akhirnya menyukai judul tersebut.

All About Korean Drama : Drama terfavorit


Honorable Mention (Saya suka dan tidak menolak untuk menonton ulang)
 3 Sisters, 49 Days, Attic Cat, Athena : Goddess of War, Baker King Kim Tak Go / Bread, Love and Dream, City Hall, Friends, History of Salary Man, I Can Hear Your Voice, Iris, Master's Sun, Pinnocchio, Prosecutor Princess, Queen Of Housewives, Queen Inhyun's Man, Special Affair Team : TEN (season 1 & 2), The Chaser,  The King 2 Hearts, The Princess's Man, Sangdoo Let's Go To School, Secret Garden, You're Beautiful 

Mediacore (Saya lumayan suka tapi cukup menontonnya 1x saja)
18 vs 29, Dream High, Dr. Champ, Flower Boy Ramyun Shop, Lie to Me, My Princess, Oh My Lady, Personal Taste, Pasta, Playfull Kiss, Scent of A Woman, Tamra the Island, Three Dad and One Mom dan Who Are You (2008)

Masih banyak juga yang belum saya saksikan, terutama k-drama 3 tahunan terakhir, untuk saat ini K-drama yang masuk dalam want to wacth list :
Gaksital (2012) dan Yong Pal  : Pemeran utama Jo won dan review sangat baik
My Husband Got Family (2012) : Saya suka Kim Nam Joo dan reviewnya baik meskipun ini drama yang lumayan panjang
Answer Me 1988 (2015-2016) dan AnSwer Me 1994 (2013) : Saya suka drama bersetting masa lalu dan sangat menikmati Answer me, 1997
Kill Me Heal Me : Pemeran utamanya Ji Sung
The Producers (2015) : Penulis naskahnya ialah penulis naskah Queen of Revarsal dan My Love from The Star dan dibintangi Kim Soo Hyun, Gong Hyo Jin dan Cha Tae Hyun
Doctors (2016) : Masih tayang dengan rating dan review yang baik.
Hidden Identity (2015) : Pemeran utamanya ialah Kim Bum

Selebihnya banyak drama lain yang setelah saya tonton, ehm, ternyata saya kurang suka. Terutama Saeguk (drama bersetting zaman sejarah dengan kostum tradisional) yang sebenarnya bagus, tapi entah mengapa kurang berkesan bagi saya seperti Queen Seun Dok, The Moon That Embrace The Sun, Sunkyukwan Scandal, Jang Ok Jung, Living For Love dan Jewel In the Palace (Dae Jang Geum). Selanjutnya untuk worse K-drama versi saya, akan saya buatkan postingan tersendiri nanti.

Happy watching!


Pic source : dramawiki